APBD Pemko Medan TA 2020 Rp6,18 Triliun

fraksi di DPRD Medan

topmetro.news – Melalui pemandangan umumnya, sembilan fraksi di DPRD Medan menyetujui Ranperda Kota Medan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran 2020 untuk ditetapkan menjadi perda dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Medan, Kamis (29/8/2019).

Ada pun APBD yang disahkan sebesar Rp6,18 trilyun. Yakni dari sisi pendapatan: Pendapatan daerah sebesar Rp6,09 triliun. Alokasi belanja tidak langsung sebesar Rp2,54 triliun dan belanja langsung sebesar Rp3,64 triliun.

Selanjutnya, dari sisi pembiayaan: Disetujui pembiayaan penerimaan sebesar Rp100 miliar dan pembiayaan pengeluaran sebesar Rp10 miliar.

Setelah sembilan fraksi di DPRD Medan menyetujui, dilakukan penandatanganan/pengambilan keputusan bersama. Antara pimpinan DPRD Medan dengan Kepala Daerah Kota Medan. Penandatanganan dilakukan langsung Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung dan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH serta Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Ramli dan Burhanuddin Sitepu.

Pada kesempatan itu, Dzulmi Eldin mengatakan Pemko Medan dan DPRD Medan telah melaksanakan berbagai langkah kebijakan pokok di berbagai sektor. Seperti bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta apek pelayanan publik lainnya. Oleh sebab itu, walikota berharap seluruh stakeholder dapat ikut serta berkontribusi mewujudkan pelayanan publik yang terbaik lewat penguatan sinergitas, termasuk DPRD Medan.

Walikota Medan Optimis

“Pekerjaan dan tanggungjawab ini tentulah tidak mudah. Namun, dengan sinergitas dan kemitraan yang baik, saya optimis kita akan mampu mengelola keuangan daerah menjadi semakin baik, akuntabel dan transparan secara optimal sehingga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan hidup masyarakat,” kata walikota.

Selain itu, kata walikota kiranya APBD dapat menjadi stimulus dalam rangka mendorong perekonomian kota yang lebih progresif dan dinamis. Selain itu juga sekaligus mampu mempercepat pembangunan kota yang saat ini terus fokus dilakukan Pemko Medan.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment